Kamis, 26 Juli 2012

Warna Latar Sekolah Baru SMAN 3 Cibinong

Warna Hijau merupakan warna dasar awal SMAN 3 Cibinong pada saat awal pembangunan. Sebelumnya, warna latar ini adalah warna kuning karena warna permulaan dalam pembangunan sekolah. Namun seiring adanya visi dan misi terbaru yang menyangkut masalah kelingkungan. Maka warna SMAN 3 Cibinong berubah menjadi warna latar hijau. Warna latar merupakan warna suasana yang dicat pada tembok-tembok bangunan. Pada postingan sebelumnya, bisa dilihat sendiri bahwa dasar warna SMAN 3 Cibinong adalah hijau. Dari luar kelas, dalam kelas, laboratorium, toilet, hingga ruang guru dan kepala sekolah pun warnanya hijau. Tak heran jika warna logo SMAN 3 Cibinong terinspirasi karena warna latar yang di bangun di sekolah itu. 

Semenjak kelulusan angkatan 4 (2009-2012), warna latar SMAN 3 Cibinong menjadi berubah. Ada pun warna dominan latar tersebut adalah warna orange. Penulis sendiri, saat pengambilan ijazah asli, SKHUN asli, dan seluruh berkas kenangan asli untuk dibawa pulang, merasa kaget akan perubahan yang terjadi pada SMAN 3 Cibinong. Warna tembok atau bisa disebut dengan warna latar sekolah yang biasanya berwarna hijau berubah  menjadi warna orange (orang bisa menyebutnya warna ini sebagai warna coklat). Saat aku berkeliling tempat, hampir semua tembok di ubah warna dari warna hijau menjadi warna orange, baik luar tembok maupun dalam tembok.

Saat aku bertanya kepada guru fisika kelas 2, guru yang menjabat sebagai seksi pembangunan dan perbaikan sekolah (kalau gak salah). Mengatakan bahwa perubahan warna latar sekolah ini dilakukan agar tembok tidak menjadi retak dan rusak. Selain itu juga agar tidak terkesan kusam ketika kotoran menempel ke tembok. Ya tidak jauh seperti kotoran. Sekaligus agar memberikan efek yang berbeda, jernih dan tidak bosan akan warna yang "itu-itu" saja. Sehingga bisa dikatakan bahwa setiap beberapa tahun warna latar sekolah akan diganti-ganti warna. Walau dalam benakku terpikirkan bahwa pergantian warna di setiap tahunnya terlihat "ribet" dan tentunya selalu mengeluarkan dana di beberapa tahunnya itu. Selain itu juga rasanya kesan kelingkungan itu sendiri berkurang. Tujuan pergantian warna ini terlihat cukup bagus, namun ada rasa negatif yang mungkin menghampiri beberapa orang yang pernah bersekolah di tempat itu. Yang dulunya terkesan cukup positif akan tujuan masa depan, tujuan masa depan akan berubah arah menjadi tujuan masa depan yang lainnya. Dan tentunya yang patut dipertanyakan lagi adalah, apakah warna logo sekolah ikut berubah seiring berubahnya warna latar sekolah? Dan apakah tujuan yang dahulunya pernah dicanangkan ikut berubah?

Saat guru kimia kelas 1 dan 2 aku lewat, guru yang menjabat sebagai wakasek kurikulum. Mengatakan bahwa logo tersebut tidak memiliki perubahan karena logo merupakan ciri khas sekolah itu dibangun. Selain itu juga tujuan pada masa dahulu tidak akan berubah. Karena perubahan warna latar sekolah atau warna tembok ini bertujuan untuk memberikan ciri khas yang berbeda serta bangunan tidak memberikan dampak yang negatif ketika efek alam menyerang. Seperti kotornya tembok di dinding, tembok tidak retak, hingga kita terkesan lebih sejuk dan tidak terkesan panas ketika kita beraktivitas. Yeah.. menurutku bisa aku tanggap positif dengan baik tentang hal ini. Entah bagaimana dengan yang lainnya mengenai perubahan warna latar sekolah yang baru. Karena mereka tentu sudah menganggap bahwa hal terpenting di sekolah tersebut adalah mengenai lingkungan yang asri dan segar berdasarkan warna awal pembangunan dan warna logo sekolah, yaitu hijau. Memang tanggapan awalnya seseorang tidak setuju akan perubahan ini, namun ketika mereka tau sebab-tujuan-akibat perubahan ini, sebagian besar akan setuju akan perubahan warna latar sekolah ini. DSMLMD BLOG

Oh ya, ada beberapa hal yang menarik yang aku liat dalam pembangunan sekolah ini saat aku berkunjung untuk mengambil berkas kenangan aku di sekolah itu. Aku melihat beberapa benda seperti tempat untuk cuci muka dan membersihkan tangan. Sehingga bisa dikatakan agar kita tidak sering-sering ke toilet untuk membersihkan muka ketika kita ngantuk dan membersihkan tangan kita tangan kita kotor karena sesuatu hal.

Inilah foto-foto yang aku ambil, sekaligus foto terakhir aku berkunjung di sekolah ini dengan menggunakan seragam sekolah. Foto ini diambil sejak tanggal 7 Juli 2012. Lucky Seven antara tanggal dan bulan.
 


Halaman Koridor Sekolah SMAN 3 Cibinong yang tampak berubah dari dahulunya


Foto yang diambil dari sisi kiri tempat lapanagan upacara atau lapangan parkir motor atas sekolah.


Kelas 12 IPS 3 saat ini sebelum berpisah, suasana latar yang cukup asri walau isinya berantakan.


Masih di kelas 12 IPS 3, tempat untuk meja guru, papan tulis belajar, dan juga dinding latar yang cukup khas akan keasriannya walau terkesan kekanak-kanakan

Sebuah pahatan seni diletakkan berjajar dekat kelas 12 IPS 2, terlihat untuk tempat hiasan dari kejauhan. Entah apa fungsi dari itu semua?


Ketika dilihat dari dekat, ternyata pahatan tersebut terdapat lubang air. Aku rasa fungsi pahatan ini digunakan untuk mencuci muka ketika murid sedang mengantuk atau ketika ingin mencuci tangan karena sesuatu hal.


Di sisi lapangan, terlihat bahwa latar sekolah mulai berubah walau ada sebagian latar sekolah yang belum berubah latar.
Ruang kelas 12 IPS 2 dengan pintu terbuka dan terdapat air galon didekat halaman kelas.

Sebuah sekring yang menempel di dinding dekat ruang TU walau belum sepenuhnya di cat warna latarnya. (Sebagian Hijau dan Sebagian Orange)

Nomor Kontak sekolah yang bisa dihubungi, baik SMAN 3 Cibinong, SMAN 2 Cibionong, dan SMAN 8 Kota Bogor.

Jalan kecil dan pijakan antara Ruang Tata Usaha dan Ruang Laboratorium.

Suasana kelasanku yang rame dalam pengambilan kenangan terakhir. Lihat sisi bawah pada tegakkan tembok di samping kiri bawah gambar. Belum di cat sempurna.

Alarm Bel Sekolah, walau latarnya belum sepenuhnya di cat.
Gedung kelas terujung yang sudah seluruhnya di ubah latar belakangnya.

Hadapan lurus menatap sebuah tangga, melihat ada bangunan yang sepenuhnya belum di ubah warna latarnya.

Ketika bangunan memiliki baju dan celana.

Dulu tembok ini retak sekaligus kotor karena terkena terik matahari, sekarang terlihat bersih dari kerusakan walau warna belum seluruhnya orange.
Alat-alat yang digunakan untuk mengecat tembok sekolah
Dari sisi sini, seluruh bangunan depan sudah di cat warna orange secara penuh...
Tak terkecuali bangunan yang disamping dan belakang ini.
Ternyata aku salah liat, di kelas bawah terujung belum di cat secara penuh, tapi aku sangat heran. Kapan tumpukan semen yang ada di kelas itu dipindahkan? Sudah hampir setahun semen tersebut nganggur di tempat itu. Dan lihat sisi kirinya juga bangunan masjid yang bernama Baitul Ilmi tampak hampir rampung.
Bangunan kelas yang terpojok dan indah untuk dilihat.
Korridor kelas dilihat dari sisi paling ujung.



Masih di Front View dekat kantor guru, tanaman yang sudah mulai tumbuh berkermbang.

Menuju kelasanku, 12 IPA 2, di kelas 12 IPA 1 sudah terlihat mulai ada perbaikan total dari lantai dan segala macam, begitupun dengan kelasanku saat ini.
Musholla dekat kelasanku dan Laboratorium, warna dasar yang masih belum berubah. Disamping kiri terlihat identitas sekolah yang tergeletak.
Diambil dari sudut yang berlainan, terlihat ruang laboratorium yang sudah seluruhnya di cat sempurna dan bersih.

Lantai yang retak dan digantikan dengan yang baru. Aku masih ingat peristiwa di kelas ini dimana banyak anak-anak yang rusuh berlarian dan bermain ria di tempat itu hingga lantai sekolah retak.
Sebuah pintu pagar besi untuk keluar dari lingkungan sekolah. Biasa digunakan untuk jajan ketika beristirahat.
Sisi belakang laboratorium sekolah atau disamping kiri pintu pagar besi. Pohon yang sudah tumbuh lebat dan dinding masih dalam tahap perbaikan.
Tanaman yang tumbuh dengan subur dekat dengan musholla sekolah dan kelas 12 IPA 1
Halaman tanaman sekolah di lapangan bawah sekolah. Terlihat jelas akan jalan setapaknya
Sebuah jalan yang asri menuju halaman belakang sekolah, kantor guru, dan ruang toilet siswi.
Pot tanaman yang berbentuk kotak, teringat akan daerah mozaik. Dan jajaran tanah yang siap untuk ditanamkan sebuah tanamannya.
Bangunan masjid sekolah yang masih dalam tahap pembangunan.
Lapangan hijau dekat pintu masuk sekolah yang masih kosong, direncanakan untuk dibangun sebuah kelas lagi.
Masjid Baitul Ilmi yang masih dalam tahap pembangunan, sekitar 56% selesai.
Pembangunan Baitul Ilmi dilihat dari kejauhan.
Dan terakhir ini merupakan spot terakhir dimana aku pernah melukis pemandangan sekolahanku dalam tugas seni budaya. Melukis dengan kain kanvas dan cat minyak. Ya walau kesannya seperti orang yang baru melukis, tapi hasilnya bagiku cukup memuaskan. Dulu latarnya hijau dan gedung lurus sesuai perspektif yang kita lihat disini (kantor guru). Masih dalam tahap pembangunan. Sehingga banyak sekali yang mengalami kesulitan dalam melukis pembangun kantor guru di tempat ini.



Ya itulah kenangan dan suasana terakhir yang bisa aku ambil di hari itu, semuanya telah berubah ketika angkatan 4 sudah lulus semua di hari itu. Walau memang guru-guru masih ingin memberikan kami sesuatu yang baru, namun semua murid di angkatan 4 rela harus meninggalkan sekolah tercinta ini demi mengejar cita-cita yang setiap murid inginkan. Kelihatan memang pahit harus berpisah. Hanya sebuah kenangan yang bisa tersimpan dan terambil di hari ini. Entah itu baik maupun buruk, kenangan itu tidak akan dilupakan sepanjang masa. Walau aku sendiri mungkin berbeda yang lainnya. Tapi aku yakin, suatu hari nanti, semuanya bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dan mengabarkan kesini. Inilah postinganku yang terakhir pula mengenai SMAN 3 Cibinong. Sehingga kalian tidak bisa melihat kabar terbaruku mengenai SMAN 3 Cibinong di situs ini. Aku minta maaf jika selama ini dalam postinganku ada kesalahan dalam penyampaian dan juga berbagai hal. Karena aku sendiri disini bertujuan untuk ikut membantu SMAN 3 Cibinong bisa menjadi sekolah yang lebih baik lagi, semakin maju, dan semakin berkembang. Tugasku sudah berakhir mengenai kabar terbaru SMAN 3 Cibinong melewati situs ini. Bukan berarti aku berhenti memberikan kabar mengenai SMAN 3 Cibinong, tapi suatu saat aku masih memberikan kabar lagi mengenai SMAN 3 Cibinong yang lain. Entah itu apa, tapi dalam hal tertentu tentunya yang lain ikut membantu seperti memberikan kabar mengenai pengumuman sekolah melewati jejaringan sosial seperti Twitter dan Facebook.

Walau situs ini mungkin jarang sekali bahkan tidak sama sekali untuk meng-update kabar terbaru mengenai SMAN 3 Cibinong, namun kalian masih bisa melihat kabar terbaru di situs resminya. Yaitu disitus ini:

http://www.smantic.sch.id/


Situs tersebut merupakan situs resmi SMAN 3 Cibinong yang sekarang ini, beberapa kabar terbaru dan perkembangan bisa kalian lihat disitus itu. Walau masih dalam tahap pengembangan dan pembangunan. Namun diharapkan situs ini bisa lebih baik dari situsku saat ini yang dulunya selalu update namun sekarang jadi jarang update karena kesibukanku di luar aktivitas sekolah. Semoga situs ini bisa selalu up to date dan terlengkap dari situsku dan situs lainnya dan bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar